Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ngunut melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Penyusunan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Pemilu Tahun 2024 di wilayah Kecamatan Ngunut, Selasa (21/11/2023) yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Ngunut.

Kegiatan dimulai dengan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Jingle Pemilu 2024, selanjutnya sambutan serta arahan dari Fajar Kurniadi selaku Ketua PPK Kecamatan Ngunut yang menyampaikan terimakasih kepada PPS yang telah berkenan untuk terus dapat menghadiri undangan dari PPK.

Kemudian beliau juga menyampaikan terkait dengan rakor pada hari Ahad kemarin tentang Alat Peraga Kampanye bahwasanya tidak ada tanggal pasti untuk pemasangannya, sudah include pada tanggal mulainya kampanye yakni tanggal 28 November 2023 s/d 10 Februari 2024, dan beliau juga berpesan kepada PPS untuk memandu kepada Pengurus Partai Politik yang nantinya akan melakukan pemasangan Alat Peraga Kampanye, selain itu PPS juga diinstruksikan untuk memberikan BA Penentuan Titik Pemasangan APK kepada Forkopimdes dan PKD.

Sambutan selanjutnya dari M. Nasihuddin, M.Pd.I. selaku Ketua Panwascam Kecamatan Ngunut, beliau menyampaikan kepada PPS agar selalu menjaga sinergitas dan kesehatan karena tahapan-tahapan kepemiluan mendekati hari pemungutan suara ini akan semakin padat. Beliau juga menyampaikan bahwa besok Rabu, 22 November 2023 akan dilaksanakan pembersihan Alat Peraga Sosialisasi dari para Peserta Pemilu se-wilayah Kecamatan Ngunut dan acara ceremonial pembukaan ditutup dengan Do’a oleh Saiful Ma’arif.

Setelah itu acara inti dimulai dan dipimpin Abdul Rozaq, M.H. selaku Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi memberikan materi perihal penyusunan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Beliau menyampaikan bahwa sekarang PPS tidak perlu aktif tapi pasif saja terkait dengan DPTb karena jumlah kuota 2% per TPS takutnya nanti akan penuh, sesuai dengan hasil rakor Divisi Data Se-Kabupaten Tulungagung di Kecamatan Pakel yang disampaikan oleh pemateri Bapak Safari Hasan dan Bapak Bagus dari KPU Tulungagung. Selain itu beliau juga menyampaikan Materi tentang Keamanan Data yang pada intinya PPS harus menjaga keamanan dan kerahasiaan data pemilu.

Penulis : Ahmad Abu Nizar (Ketua PPS Desa Kacangan)

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?